Rabu, Februari 28, 2018

Pengertian dan Fungsi Bandwidth


Pengertian


Bandwidth adalah suatu ukuran dari transfer data (upload dan download) yang telah dilakukan oleh website yang dihitung berdasarkan satuan bit/detik (atau yang biasanya disebut dengan bit-per-second) antara server dengan user ataupun client. Bandwidth juga dipengaruhi dan ditentukan oleh jumlah pengunjung, banyaknya halaman yang dikunjungi dan juga besarnya file yang diakses.



- Latar Belakang


Semakin sering situs Anda diakses maka semakin berkurang bandwidth-nya, dan jika habis situs kalian akan menampilkan halaman "Bandwidth Limit Execceded" dan tidak bisa diakses lagi. Bandwidth hosting ini akan ter-reset menjadi penuh kembali seperti awal bulan. Tetapi jika kalian tidak sabar menunggu, kalian bisa melakukan upgrade paket hostingnya atau hanya dengan menambah bandwidthnya saja.



- Fungsi Bandwidth


Fungsi utama dari Bandwidth adalah untuk menghitung besaran transaksi atau transfer dengan sebuah situs maka besaran bandwidth yang terpakai akan terhitung sama dengan besaran jumlah data atau aset yang diakses oleh penginjung sebuah situs.


- Perbedaan antara Bandwidth dan Data Transfer


Secara teknis, ada perbedaan yang mendasar dari dua istilah ini. Bandwidth adalah menunjukkan volume data yang dapat di transfer per unit waktu. Sedangkan Data Transfer adalah ukuran lalu lintas data dari website Anda. Lebih mudah kalau dikatakan bahwa bandwidth adalah rate dari data transfer.

Apabila bandwidth yang disediakan besar, maka website akan ter-load lebih cepat karena server mampu mentransfer data yang lebih besar tiap detiknya. Hal ini tidak membuat data transfer menjadi besar, karena jumlah dari data transfer tergantung pada jumlah pengunjung website dan ukuran file website kalian (termasuk gambar, audia, video dll). Makin besar angka pengunjung, makin besar jumlah data yang ditransfer dari website kaliam maka makin besar pula data transfernya.


- Yang mempengaruhi pemakaian Bandwidth

 
Ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi pemakaian dari sebuah bandwidth, berikut ini adalah hal-hal yang mempengaruhi pemakaian bandwidth :



  • - Tampilan Website
Ketika website anda di akses, maka bandwidth account anda akan berkurang sebesar halaman yang di load(dalam ukuran Byte). Website dengan banyak gambar dan video tentu akan lebih cepat menghabiskan bandwidth dibanding website yang menampilkan teks dan gambar.

  • - Upload dan Download
Upload maupun Download file akan mengurangi bandwidth account Anda. Gunakan account anda dengan semaksimal mungkin, jika tidak diperlukan lebih baik mengurangi aktivitas upload/download.

  • - POP3 dan SMTP
Penggunaan Email Client seperti outlook juga akan memakai bandwidth, baik itu mengirim email ataupun menerima. Attach file juga akan mengurangi lebih banyak bandwidth pada account Anda.



Contoh:

Misalnya Anda memiliki halaman web server 100 KB, maka setiap pengunjung halaman web yang membuka halaman tersebut akan mengunduh informasi atau data sebesar 100 KB ke komputer mereka. Jika ada 80 pengunjung ke halaman tersebut maka telah terjadi transfer data sebesar 8000 KB dari server dimana file kalian berada di komputer pengunjung. Jadi, Bandwidth adalah istilah yang digunakan untuk menunjukan besaran data yang telah ditransfer keluar dari kouta space hosting Anda. 



- Kesimpulan

Jadi, semakin besar file yang kalian miliki maka akan semakin besar bandwidth yang dibutuhkan. Apabila website tersebut populer maka pengunjung website tersebut akan banyak semakin besar juga bandwidth hosting yang diperlukan.




- Referensi


https://www.webopedia.com/TERM/B/bandwidth.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar