Sabtu, Februari 24, 2018

Apa itu VPN?

Assalamualaikum Wr. Wb.
Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang pengertian VPN.. Apa sihh itu VPN? Ayo simak

A. Pendahuluan
  • Pengertian: VPN (Virtual Private Network) yang sering disebut dengan terowongan yaitu sebuah koneksi private yang terhubung secara fisik dan memungkinkan untuk dapat berkomunikasi antara satu komputer dengan yang lainnya.
  • Latar belakang: Untuk mempermudah dalam pengiriman data, karena tidak melewati komputer-komputer yang lain.
  • Maksud dan tujuan: membentuk jaringan LAN yang tidak di batasi tempat dan waktu, karena koneksitasnya dilakukan via internet.
  • Hasil yang diharapkan: dapat menghemat biaya setup jaringan.
B. Alat dan bahan
     -

C.  Waktu pelaksanaan
     5-7 menit

D. Tahap kegiatan
     Dengan VPN ini seolah-olah kita membuat jaringan didalam sebuah jaringan atau yang biasa disebut dengan tunnel. Tunneling adalah sebuah cara membuat jalur private dengan menggunakan infrastruktur pihak ketiga.
Cara kerja VPN:
  • VPN membutuhkan sebuah server yang berfungsi sebagai penghubung antar PC.
  • Untuk memulai sebuah koneksi komputer dengan apikasi VPN Client mengontak server , VPN Server kemudian memverifikasi username dan password dan apabila berhasil maka VPN server akan memberi alamat ke VPN Client.
  • Komputer client dapat mengakses berbagai resource yang berada dibelakang VPN Server.
 Beberapa keuntungan dari teknologi VPN diantaranya adalah:
  • Remote Access, dengan VPN kita dapat mengakses komputer atau jaringan kantor, dari mana saja selama terhubung ke internet
  • Keamanan, dengan koneksi VPN kita bisa browsing dengan aman ketika menggunakan akses internet publik seperti hotspot atau internet cafe.
  • Menghemat biaya setup jaringan, VPN dapat digunakan sebagai teknologi alternatif untuk menghubungkan jaringan lokal yang luas dengan biaya yang relatif kecil, karena transmisi data teknologi VPN menggunakan media jaringan public yang sudah ada tanpa perlu membangun jaringan pribadi.
 Setiap ada kelebihan pasti ada kekurangannya, beberapa kekurangan dari VPN diantaranya adalah:
  • Koneksi internet (jaringan publik) yang tidak bisa kita prediksi. Hal ini dapat kita maklumi karena pada dasarnya kita hanya "numpang" koneksi pada jaringan pihak lain sehingga otomatis kita tidak mempunyai kontrol terhadap jaringan tersebut.
  • Perhatian lebih terhadap keamanan. Lagi-lagi karena faktor penggunaan jaringan publik, maka kita perlu memberikan perhatian yang lebih untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyadapan, hacking dan tindakan cyber crime pada jaringan VPN.
E. Kesimpulan
    Dengan kita mengetahui apa itu VPN dengan itu kita bisa memanfaatkan dengan baik, atau dalam hal-hal positif. Karena disini kita bersifat numpang.

F. Referensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_pribadi_virtual

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini.
Sekian dan terimakasih
Wassalamualaikum Wr. Wb..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar