Selasa, Februari 13, 2018

Briefing Prepare IT Volunteer BLC Telkom

Assalamualaikum Wr. Wb.
Untuk hari ini saya melakukan Briving bersama teman-teman yang akan mengikuti IT Volunteer gelombang ke-2




A. Pendahuluan

1. Pengertian
IT merupakan Teknologi Informatika, sedangkan Volunteer adalah kesukarelawanan. Dimana dapat diartikan IT Volunteer adalah sebuah kegiatan sukarela yang dengan tujuan untuk mengembangkan teknologi dan informasi disuatu tempat.

2. Latar Belakang
Mengembangkan desa dalam bidang IT

3.  Maksud dan tujuan
Membahas tentang permasalahan yang didapat dari bapak lurah Desa Pandes kecamatan Wedi Klaten.

4. Hasil yang diharapkan
Dapat menghasilkan pembahasan yang jelas

B. Waktu Pelaksanaan
Sekitar 2 jam

C. Tahap Pelaksanaan
Hari ini kami bertemu langsung dengan bapak lurah Desa Pandes, Kecamatan Wedi ini yang akan menjadi target kami selama 2 minggu yang akan mulai dilaksanakan pada hari senin depan. 

Nah beliau memberikan sedikit gambaran tentang desa tersebut dan beberapa permasalahan yang dialami didesa tersebut. Berikut penjelasan yang saya dapat dari bapak lurah,
Desa Pandes tersebut sudah termasuk perkotaan dimana orang-orang disana pasti sudah banyak mengenal tentang Perangkat komputer. Nah dari sini berarti tantangan buat kami adalah mengembangkan desa tersebut, karena disana juga sudah terdapat jaringan untuk mengakses internet.
Untuk permaslahan yang lain diantanya di Bidang Pendidikan, Bidang Pemerintahan, Bidang Kepemudaan, dan Bidang UMKM.
  • Bidang Pendidikan
Di Desa Pandes ini terdapat 2 PAUD, 3 TK, 3 SD, dan 2 SMP.
  •  Bidang Kepemudaan
Dimana kami akan berbagi/Sharing seputar pembuatan website dan bagaimana cara yang baik untuk memposting hal-hal agar bermanfaat bagi orang lain dan dapat menghasilkan uang. Selain itu kita juga akan membuatkan tutorialnya buat mereka belajar nantinya, tidak hanya itu kami juga harus memperkenalkan tentang penggunaan internet dalam hal positif.
  • Bidang Pemerintahan
Mengembangkan tentang wibsite yang sudah ada, dan membuatkan portal dimana semua warga desa dapat mengaksesnya dan pastinya digunakan sebagai sumber informasi seputar desa tersebut.
  • Bidang UMKM
Dalam bidang ini identik dengan ibu-ibu rumah tangga, dimana kami akan berbagi tentang bagaimana mengawasi anak-anaknya dalam pengaksesan internet dan penggunaan internet untuk bidang usaha contohnya toko online.

Tadi adalah beberapa tantang buat kami.

Setelah itu kami juga membahas tentang pembagian ketua dan koordinatornya dimana setelah itu kami membahs perbidang untuk merencanakan apa yang akan kita lakukan.

Untuk anggota kami berjumlah 20 anak yang berasal dari berbagai sekolah.

D. Kesimpulan
Merencanakan kegiatan dan mencari solusi bagaimana kita meneukan solusi dari permasalahan diatas.

E. Dokumentasi kegiatan









Sekian sharing hari ini.. Semoga bermanfaat
Wassalamualaikum Wr. Wb.