Sabtu, Februari 17, 2018

Konfigurasi Vlan Pada Cisco Packettracer


Assalamualaikum Wr. Wb.
Kali ini saya akan berbagi tentang konfigurasi Vlan di Cisco Packettracer




Ayo simak!!
A. Pendahuluan

1. Pengertian
Vlan yaitu Virtual LAN merupakan kumpulan perangkat pada satu LAN atau lebih yang dikonfigurasi agar dapat saling berkomunikasi dimana seperti menggunakan kabel yang sama, tetapi sebenarnya tidak berada dalam beberapa segmen LAN yang berbeda.

2. Latar Belakang
Digunakan untuk memisahkan user dengan network admin.

3. Maksud dan tujuan
Membuat Vlan admin dan membuat vlan user

B. Alat dan bahan
  • Laptop / PC
  • Aplikasi Cisco Packettracer
C. Jangka waktu pelaksanaan
3-4 jam

D. Tahap Pelaksanaan

1. Pertama kita wajib membuat topologi jaringan terlebih dahulu, untuk kali ini saya membuat 2 VLAN. Vlan 10 saya beri nama TKJ1 dan Vlan 20 saya beri nama TKJ2

2. Kemudian saya akan memasukan interface fa0/1 sampai fa0/3 kedalam Vlan10

3. Selanjutnya saya juga memasukan interface fa0/4 sampai fa0/6 kedalam vlan20
4. Jika sudah kita memberikan ip pada setiap PC dari PC 1-6 yang digunakan





5. Jika sudah maka langkah berikutnya yaitu kita melakukan pengujian dengan cara Ping di PC yang berada di VLAN yang sama dan pada VLAN yang berbeda, maka hasilnya nanti akan seperti gambar dibawah ini. PC yang sama VLANnya maka dapat melakukan Ping, sedangkan PC yang melakukan perintah ping ke PC yang berbeda VLAN maka hasinya RTO atau tidak terhubung.



F. Kesimpulan dan Hasil
Kesimpulan dari hasil kegiatan ini yaitu kita dapat melakukan simulasi konfigurasi VLAN yang dapat berguna untuk menghemat Switch dikarenakan adanya fitur yang ada pada VLAN itu sendiri, sehingga kita dapat menghemat karena kita tidak harus membeli lagi switch.

G. Referensi
Modul Cisco IDN.pdf

Sekian dari saya, selamat mencoba..
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar