Selasa, Januari 02, 2018

Pengertian K3

Sebelum kita membahas tentang TKJ yang lebih jauh lagi, sebaiknya kita belajar terlebih dahulu tentang Keselamatan, dan Kesehatan Kerja.

A. Judul Kegiatan
    Pengertian K3

B. Pendahuluan
  • Pengertian: K3 merupakan bidang yang terkait tentang kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja di sebuah perusahaan maupun lokasi proyek.
  • Latar Belakang: Mengetahui tentang apa itu K3 dalam dunia pekerjaan.
  • Maksud dan Tujuan: Agar kita tahu seberapa pentingnya K3 dalam dunia kerja.
  • Hasil yang diharapkan: Dengan setelah kita ketahui tentang apa itu K3 kita dapat menjaga keselamatan dan kesehatan kita demi kelangsungan menyelesaikan tugas dan tanggung jawab kita.
C. Jangka Waktu
    5-10 menit

D. Tahap kegiatan
    Sebaiknya kita lebih tau tentang apa itu K3. K3 sendiri merupakan kependekan dari kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan. Keselamatan yaitu suatu keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial. Keselamatan adalah suatu keadaan aman, dalam suatu kondisi yang aman secara fisik, spiritual, emosional, pekerjaan, ataupun pendidikan dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut. Kesejahteraan sendiri yaitu sejahtera menunjuk ke keadaan yang baik, kondisi manusia di mana orang-orangnya dalam keadaan sehat dan damai. Dari uraian tersebut bisa disimpulkan bahwa K3 merupakan bidang yang terkait tentang kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan manusia yang bekerja disebuah lokasi pekerjaan.

E. Hasil yang didapat
    Setidaknya kita tahu tentang K3, dan seharusnya kita juga bisa menjaga kesehatan kita selama kita masih punya sebuah tanggung jawab. Jika kita sebagai pekerja, buat apa seorang pengusaha memperkerjakan seorang karyawan yang mempunyai riwayat penyakit? dengan itu sebaiknya kita mulai dari sekarang harus bisa menjaga kesehatan kita untuk menghadapi dunia kerja yang nyata.

F. Referensi
    Wikipedia