Jumat, Januari 26, 2018

Apa itu PPPoE?

Assalamualaikum Wr. Wb..
Kali ini saya hanya akan membahas tentang apa itu PPPoE?
A. Pengertian PPPoE

PPPoE pada awalnya dirancang untuk menyediakan LAN kecil dengan koneksi independen individu ke Internet pada umumnya, namun juga protokol tersebut sendiri akan cukup ringan sehingga tidak akan mengganggu pasar penggunaan rumah yang diharapkan saat akhirnya tiba. Sementara kesuksesan pada materi kedua mungkin diperdebatkan (ada yang mengeluh bahwa 8 byte per paket terlalu banyak) PPPoE dengan jelas berhasil membawa volume yang cukup untuk mendorong harga layanan turun sesuai dengan kebutuhan pengguna rumahan. PPPoE adalah sebuah protokol jaringan untuk mengengkapsulasi Point to Point Protocol frame pada frame Ethernet.

B. Penemuan PPPoE
      
Karena koneksi PPP tradisional terbentuk di antara dua titik akhir melalui tautan serial atau rangkaian virtual ATM yang sudah ada selama dial-up, semua frame PPP yang dikirim ke kabel pasti akan sampai ke ujung yang lain. Tapi jaringan Ethernet adalah multi-akses dimana setiap node dalam jaringan dapat mengakses setiap node lainnya.

C. Maksud dan tujuan dari PPPoE

Dengan digunakannya koneksi PPPoE ini akan menciptakan koneksi Individual antara user satu dngan user yang lain, yang mana ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya Man-in-the-Middle-Attacks atau penyerang yang berada di tengah-tengah antara kita dengan pihak ISP. 
Ini biasa terjadi, contohnya apabila kita menggunakan jaringan lokal secara bersama-sama dan salah satu teman kita menggunakan aplikasi NetCut. Karena cara kerja NetCut adalah memanipulasi MAC Address dari Router dan Client (di Layer 2), nah agar NetCut bekerja NetCut harus dapat mengetahui IP dan MAC Address dari korban. Apabila MAC sudah diketahui, MAC akan mulai menspoofing MAC Client dan mengirimkan MAC palsu ke Router. Karena MAC tidak sesuai maka paket yang dikirim tidak akan sampai kembali. Berbeda apabila kita menggunakan PPPoE, karena user satu dan lainnya tidak dapat saling melihat namun dapat saling terkoneksi.

  • Menggunakan kembali tumpukan perangkat lunak yang ada
  • Menyederhankan persyaratan Perangkat keras
 D. Referensi
      https://en.wikipedia.org/wiki/Point-to-point_protocol_over_Ethernet 

Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan.
Sekian dan terima kasih.
Wassalamualaikum Wr. Wb..