Rabu, Januari 24, 2018

Pengertian dan Cara Kerja Web Proxy

Assalamualaikum Wr. Wb.
Saya akan membahas apa itu yang dimaksud Web Proxy, dan berfungsi untuk apa?
A. Pendahuluan

1. Pengertian

Proxy adalah suatu aplikasi yang menjadi perantara antara client dengan server, sehingga client tidak akan berhubungan langsung dengan server-server yang ada di Internet
 
2. Maksud dan tujuan 
supaya kita dapat menggunakan internet dengan bijak.

3.Pembahasan
    Web proxy biasanya digunakan untuk memblock situs,tetapi tidak dapat memblock situs HTTPS seperti Facebook.Proxy server bertindak sebagai gateway untuk setiap komputer klien. Web Server yang menerima permintaan dari web proxy akan menerjemahkannya, dan seolah-olah permintaan tersebut langsung dari komputer klien. Dan dalam proses pengiriman data, ip address tidak terdeteksi karena telah disembunyikan terlebih dahulu oleh proxy.Web Proxy dibagi menjadi 2 bagian yaitu :

1.Nontransparent web proxy
   Seorang client dapat memilih untuk menggunakan/tidak fasilitas web proxy yang disediakan oleh server. Web proxy biasanya sudah di set oleh para administrator dan siap untuk digunakan. 

2.Transparent web proxy
   Berbeda dengan Nontransparent web proxy, Transparent web proxy seorang client dipaksa untuk menggunakannya sehingga seorang client (user) tidak perlu melakukan setting apapun di web browser yang mereka gunakan karena pengaturan hanya dilakukan oleh server saja dan secara otomatis client akan menggunakan web proxy. Seorang user yang sedang browsing (request port 80) maka dia akan dibelokan terlebih dahulu menuju proxy.

Adapun fungsi fungsi dari proxy anta rain:

1. Menyembunyikan identitas asli/Anonymizer

  Hal ini biasa dilakukan, agar identitas asli tidak diketahui sebagai salah satu alasan tambahan keamanan.
2.Browsing secara rahasia/ Bypass Internet Filtering/ Unblock Site
 Suatu hal yang wajar yang dilakukan di internet adalah selalu menjaga kerahasiaan alamat IP, terutama bagi mereka yang memiliki IP Statis atau tidak berubah-ubah seperti pelanggan ADSL.
3.Mengirim sesuatu secara rahasia
  Contohnya adalah kiriman email bahwa mendapatkan bonus, biasanya trik ini digunakan oleh pebisnis atau marketer online untuk menaikkan jumlah followers. Agar tidak diketahui biasanya pebisnis melakukan hal ini.


mungkin sampai disini pembahasan kali ini apa bila ada yang salah saya minta maaf.sekian dan terimakasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.