Kamis, Januari 04, 2018

Pengenalan OSI Layer

Assalamualaikum Wr. Wb
Disini saya akan sharing tentang OSI Layer

C. Pendahuluan

    -Pengertian: Osi layer adalah  sebuah model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh ISO yang kemudian menjadi konsep standard komunikasi jaringan hampir pada semua perangkat jaringan.

    -Latar belakang: Untuk memahami OSI layer sebagai dasar-dasar konfigurasi mikrotik.

    -Maksud dan tujuan: Agar tidak tersesat/bingung ketika kita sudah memasuki konfigurasi mikrotik.

    -Hasil yang diharapkan: Dapat mengkonfigurasi mikrotik dengan langkah-langkah yang benar sesuai OSI Layer.

D. Proses tahapan

    Seperti pegertian OSI Layer diatas OSI merupakan kependekan dari (Open Systems Interconnection) yang merupakan suatu model referensi arsitektur antarmuka jaringan yang dikembangkan oleh ISO. OSI layer terdapat 7 layer. 4 layer sebagai transport set, dan 3 layer untuk application set. 7 layer tersebut yaitu:

1. Physical, yaitu semua media yang digunakan untuk transfer data dimana yang terjadi akan berhubungan dengan fisik/perangkat yang kita gunakan.

2. Link, dibagian ini kesalahan yang sering terjadi yaitu salah mencolokan ethernet. Jika kita salah mencolokan, maka konfigurasinya akan hilang.

3. Network, salah satu bagian dilayer tiga yaitu IP. IP addres untuk memberikan sistem pengalamatan.

4. Transport, dilayer empat ini ada dua macam pengiriman data yaitu TCP(Transmission Control Protocol) dan UDP(User Datagram Protocol). Untuk TCP merupakan suatu protokol yang digunakan untuk mengirimkan paket data dengan cara yang baik, dengan contoh ketika data yang dikirim rusak makan akan ada peringaran kepada si pengirim data tersebut dalam arti komunikasinya beraturan. Sedangkan UDP komunikasinya tidak beraturan dan sangat bertolak belakang dengan TCP.

5. Session, berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi da. Wpat dibuat, dipelihara, dan dihancurkan.

6. Presentation, terdapat 3 bagian yaitu enkripsi(penyamaran), deskripsi, dan mime. Enkripsi(penyamaran) dapat dicontohkan ketika memasukan password pada facebook maka akan berupa simbol, dengan tujuan  untuk pengamanan. Deskripsi dapat dicontohkan juga ketika memasukan password handphone dengan fitur menampilkan password tersebut. Mime yaitu untuk memberikan format contoh (.jpg), sebelum ada mime ketika kita mengirim file mp3 misalkan makan yang menerima file tersebut dengan kode format ACCI.

7. Application, yaitu software penyedia yang memungkinkan agar bisa interface/bertatap muka.
D. Hasil yang didapatkan

    Mengetahui perbedaan pada setiap OSI layer.
E. Referensi

    E-book mikrotik pada portal BLC Telkom

Sekian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.