Selasa, Maret 20, 2018

Repository dan fungsinya

Assalamualaikum wr.wb


Hai sobat, Salah satu hal yang wajib kamu ketahui pengertiannya ketika ingin belajar sistem operasi Linux lebih dalam adalah Repository atau yang lebih dikenal dengan istilah "Repo", nah dalam postingan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai, Apasih Repository itu? dan Apa aja Fungsinya?.



1. Pengertian Repository


Repository, merupakan sekumpulan paket-paket software alias program untuk suatu sistem operasi (red : Linux) yang dipakai untuk menunjang kinerja dari suatu Software, program, dan sebagainya yang didapatkan dari situs paket-paket tersebut. Bisa dibilang Repository ini merupakan paket-paket khusus untuk suatu sistem operasi yang kemudian paket-paket tersebut di instal untuk mendapat kinerja lebih baik dari suatu sistem operasi.

atau informasi lebih lanjut bisa ke wiki.debian.org/DebianRepository


2. Fungsi

  • Sebagai penunjang kinerja dari sebuah sistem operasi, program, aplikasi dan sebagainya yang di dapat dari Server Mirror (penyedia File Repository), CD/DVD dan media penyimpanan lainnya.
  • Dalam sebuah sistem operasi linux terdapat berbagai distro yang telah tersedia. Karena banyaknya distro yang bertebaran, karna itu dibuatkanlah yang namanya "repository". sehingga paket-paket tersebut tidak tercampur dengan paket distro lain.


Kita ambil contoh repository yang terdapat dalam Linux Ubuntu. yang terdiri atas 4 area yaitu :


  1. Main adalah software yang didukung secara resmi
  2. Restricted adalah software yang didukung akan tetapi tidak seutuhnya bebas licensi, ada yang berbayar dan ada yang gratis.
  3. Universe adalah software yang dikelola oleh komunitas-komunitas ubuntu atau pengembang.
  4. Multiverse  adalah software berbayar/tidak gratis


Ketika kita menginstall software atau aplikasi di Linux, Sistem akan mencari software yang akan diinstall ke repository secara otomatis . Jika software tersebut sudah ditemukan, proses installasi akan diproses sampai terinstall secara sempurna.




3. Kesimpulan

Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwa Repository itu merupakan paket-paket yang dikhususkan serta disediakan untuk di install oleh beberapa macam Distro Linux.


4. Referensi 

wiki.debian.org/DebianRepository
http://www.siswamaster.com/2015/11/pengertian-repository-linux.html