Minggu, Maret 04, 2018

Pengenalan Internet Marketing || IT Volunteer

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hari ini kegiatan untuk Ibu-ibu PKK yaitu sharing tentang apa sih itu Internet Marketing.
A. PENDAHULUAN

1. Pengertian

Internet sehat adalah suatu program dari pemerintah Indonesia yang dicanangkan oleh Kementrian Komunikasi Informatika Indonesia (Kemkominfo) dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

2. Maksud dan tujuan

Agar masyarakat tidak menyalahgunakan dengan adanya perkembangan teknologi.

3. Latar Belakang

Karena kejadian pada saat ini banyak anak-anak maupun orang dewasa menyalahgunakan dalam memanfaatkan perkembanga IT di dunia.

4. Hasil yang diharapkan

Dengan adanya program ini diharapkan teman-teman bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dengan bijak.

B. Jangka Waktu Pelaksanaan

(Sesuai pemahaman masing-masing)

C. Tahap Pelaksanaan

Internet Sehat dan Aman (INSAN) adalah suatu program dari pemerintah Indonesia yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemkominfo) dengan tujuan untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman melalui pembelajaran etika berinternet secara sehat dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

Penyelenggaraan program INSAN dalam bentuk roadshow dan forum diskusi. Media yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi INSAN antara lain tatap muka, internet, televisi, radio, media cetak, media luar ruang dan animasi.

Internet Sehat adalah salah satu konten yang digunakan dalam sosialisasi INSAN. Internet Sehat merupakan lisensi nama atau merek dan lisensi konten atau isi yang hak penggunaannya dipegang oleh ICT Watch dan telah terdaftar pada Dirjen HAKI Direktorat Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI) sejak tahun 2010.


Konten INSAN untuk tips Internet Sehat dan Aman untuk anak

  • Tempatkan internet di tempat terbuka
  • Jangan menanggapi email dari orang yang tidak dikenal
  • Segera tinggalkan atau keluar dari situs liar yang tidak pantas untuk anak-anak
  • Jangan menanggapi ajakan pertemuan langsung
  • Jangan memberikan data pribadi dan keluarga, alamat rumah, kantor, sekolah, nomor telepon, tanggal lahir atau password dan data diri kepada orang lain ataupun saat mengisi data diri pada situs personal
  • Manfaatkan internet untuk keperluan belajar
  • Gunakan software proteksi ( Firewall, Antivirus, dan lain-lain) dan filter (K9 protection)
  • Gunakan browser khusus anak-anak

Hari Internet Aman Dunia

Hari Internet Aman Dunia (Safer Internet Day/SID) merupakan hari peringatan yang bertujuan memperingatkan para pengguna internet untuk bereksplorasi di dunia maya dengan aman. Diperingati pada tanggal 10 Februari setiap tahunnya. Kolaborasi untuk mendukung Hari Internet Aman Dunia pertama kali dimulai pada tahun 2004. Di Indonesia, peringatan Hari Internet Aman Dunia didukung oleh Kemkominfo, ICT Watch (Internet Sehat), ECPAT Indonesia, KPAI dan Google. ECPAT Indonesia adalah sebuah organisasi nasional yang memiliki jaringan kerja dengan lebih.



E. Kesimpulan

Kita sebagai pengguna internet harus bisa menggunakan internet secara sehat agar tidak terjerumus ke hal-hal yang tidak baik.

F. Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Internet_Sehat_dan_Aman
 
Sekian, Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum Wr. Wb.