Jumat, Maret 02, 2018

INTERNET SEHAT || IT Volunteer

Assalamualikum Wr. Wb.
Pada kempatan kali ini saya akan berbagi cerita untuk kegiatan IT Volunteer yang kami lakukan pada tanggal 1 Maret 2018 di desa Pandes, kecamatan wedi, Kabupaten Klaten.

A. Pendahuluan

1. Pengertian

IT Volunteer adalah kegiatan sukarelawan yang dilakukan team dari BLC Telkom Klaten, dimana kami terdiri dari 19 anggota yang diterjunkan langsung untuk membangun desa terpadu yang menerapkan IT untuk keperluan desanya.
2. Latar Belakang

Dimana dibuatnya kegiatan ini untuk berbagi pengetahuan dengan masyarakat desa yang sudah menjadi tujuan kami. Untuk hari ini saya berbagi pengetahuan kepada ibu-ibu PKK yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini dengan tema materi INTERNET SEHAT.

3. Maksud dan tujuan

Mengembangkan teknologi yang memang sudah didirikan didesa

B. Alat dan bahan

- Materi

C. Jangka Waktu pelaksanaan

2 jam

D. Tahap kegiatan

1. Dengan kesapakatan sebelumnya kita memulai kegiatan sharing itu dimulai jam 15.30 - 17.30

2. Penyampaian Materi

Pengertian Internet Sehat.

Apa Itu Internet Sehat ?
Berikut adalah beberapa pengertian internet sehat :
Internet Sehat adalah aktifitas manusia yang sedang melakukan kegiatan online baik browsing, Chating, Social media, upload dan download secara tertib, baik dan beretika sesuai norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat.

Internet Sehat adalah cara berprilaku yang beretika saat mengakses suatu Informasi dari internet, selain itu juga Pengguna Internet yang sehat tidak melakukan aktifitas internet yang melanggar hukum seperti Pelanggaran Hak Cipta (Ilegal), Hacking Dan Mengakses Konten legal (Situs Dewasa)
Internet Sehat adalah Internet yang di gunakan untuk tidak mengakses konten-konten negatif seperti halnya situs porno, sehingga Orang tua saat ini harus lebih teliti soal anaknya yang sudah mengenal Internet.

Internet Sehat adalah adalah aktifitas Internet yang di sesuaikan dengan kebutuhan pengguna internet secara kriteria Umur, Profesi
Dan Keyakinan Yang bertujuan adanya Konten yang pas dan tidak melanggar dengan aturan hukum Cyber yang berlaku. Masih Banyak Pengertian Internet Sehat yang bisa di definisikan selain dari 4 Pengertian Internet Sehat Di atas.
Kenapa Harus Ada Internet Sehat ?
Sebenarnya Aktifitas Internet Sehat Bukanlah Berarti Bahwa Internet Itu sedang Sakit,

Internet bukanlah Orang sakit yang harus di obati oleh para pengguna internet
Gerakan Internet Sehat muncul karena aktifitas Internet di dunia maya saat ini masih terbilang bebas tanpa ada aturan hukum yang ketat, banyaknya aktifitas-aktifitas Internet secara ilegal ini membuat Internet menjadi teknologi yang cukup berbahaya, aktifitas ilegal yang paling umum biasanya adalah Warez (pelanggaran hak cipta suatu karya), Cyber Bullying (Penghinaan dan Kata-kata kasar di internet), Penghinaan dan pelecehan SARA, Konten Dewasa dan aktifitas kejahatan lainya.

Bagaimana Cara Menerapkan Internet Sehat ?
Internet sehat bisa di lakukan dengan mudah, banyak aplikasi-aplikasi yang membantu para pengguna internet agar mereka aman dari kejahatan-kejahatan yang di lakukan di internet.

Hal yang bisa di lakukan untuk mendukung akses Internet Sehat antara lain :
  1. Hindari Situs Atau Forum yang berbahasa (menjurus ke aktifitas kejahatan internet)
  2. Pasang Aplikasi Parental Control bagi Orang tua yang anaknya yang sudah mengenal dan menggunakan internet
  3. Berikan Sosialisai Kepada Anak sejak dini soal hal baik dan hal buruk saat menggunakan internet
  4. Gunakan DNS yang bisa memblok situs berbahaya seperti situs Judi, Situs Dewasa yang lainya (Misal DNS Nawala)
  5. Pertebal iman dan agama adalah salah satu Firewall utama dalam diri pengguna internet.
  6. Kapan Sebaiknya Aktifitas Internet Sehat ini mulai di terapkan ?
  7. Aktifitas internet Sehat sebaiknya mulai di terapkan Sejak Dini, disinilah peran orang tua sangat di butuhkan dalam mewujudkan aktifitas
  8. Internet Yang sehat, Anak adalah kebanyakan korban dari kejahatan internet, Dampak buruk dari internet ini sendiri bisa merubah
  9. psikologis anak, anak belum bisa menentukan baik buruknya suatu aktifitas yang berada di sekitarnya termasuk kejahatan internet itu sendiri.
Dokumentasi





E. Kesimpulan

Jadi dengan kita belajar internet sehat agar bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari denga tidak menggunakan internet untuk hal-hal negatif.

Sekian yang bisa saya sampaikan.
Wassalamualaikum Wr. Wb.