Rabu, Maret 07, 2018

Pengenalan Ms. Office Word || IT Volunteer

Assalamualaikum Wr. Wb.
Hari ini kegiatan untuk kegiatan IT Volunteer di Desa Pandes untuk bidang pendidikan akan sharing tentang pengenalan Aplikasi Microsoft Office Word dan Halaman Lembar Kerjanya




A. Pendahuluan

1. Pengertian
 
Microsoft office word merupakan sebuah system perangkat lunak pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen, skripdi, dan data-data.

2. Maksud dan tujuan
 
Dengan kita menggunakan microsoft office dapat mempermudah kita dalam menyelesaikan pekerjaan dibidang perkantoran karen fitur-fitur yang sudah sangat lengkap.

B. Tahap Pelaksanaan

1. Microsoft Word merupakan salah satu paket program dari Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata. Pada saat menjalankan program Microsoft Word, maka pada layar monitor akan muncul tampilan berikut;






2.Menyimpan Dokumen

Secara default, saat pertama kali menjalankan Microsoft Word, maka akan terbentuk dokumen kosong yang diberi nama doc1. Pada dokumen tersebut dapat diketikkan naskah yang akan Anda buat.
Untuk memulai Microsoft Word dapat melalui lima cara :

1. klik ganda icon program word pada desktop
2. klik shortcut menu word
3. klik office program bar pada menu start
4. klik nama dokumen/file word bila pernah mengetik dokumen dengan word
5. dengan windows explorer atau start menu find, cari file Microsoft Word atau Winword(tipe file : application atau shortcut) kemudian klik ganda.

Pengoperasian Microsoft Word dapat melalui :
1. memilih menu pada Menu Bar
2. menekan tombol-tombol pada Toolbar
3. menekan Shortcut.

Untuk pemilihan menu dengan keyboard dapat digunakan tombol F10 yang diikuti penggunaan tombol panah dan Enter, atau dengan menekan tombol Alt diikuti dengan tombol huruf yang bergaris bawah pada menu dimaksud. Jika menggunakan mouse maka gerakkan mouse pada menu yang dimaksud (ditandai dengan bentuk seperti tombol pada menu yang terletak pada cursor), kemudian tekan tombol mouse kiri untuk menampilkan isi menu tersebut.
Status bar menampilkan informasi mengenai dokumen yang sedang aktif, seperti nomor halaman, nomor section, jumlah halaman, nomor baris, kolom, jarak baris dll.

Masukkan nama file pada kolom File Name dan kemudian tekan Enter atau pilih tombol Save. Nama file tersebut dapat terdiri maksimum 255 karakter, bisa menggunakan titik atau spasi, tetapi tidak boleh menggunakan karakter * dan ?. Secara default, nama file tersebut akan diberi extention .doc oleh Microsoft Word. Dapat juga anda menentukan letak penyimpanan dengan memilih pada kotak dialog save in atau mengetikkan pada file name beserta nama filenya.
Untuk membatalkan dapat menekan Escape atau tombol Cancel. Secara default, folder tempat penyimpanan dokumen Anda adalah My Documents. Anda dapat mengubah folder tersebut dengan memilih pilihan pada kolom Save In yang terletak di bagian atas window. Jika diinginkan, Anda dapat membuat folder baru dengan menekan tombol .

Anda juga dapat menyimpan dokumen dengan format selain Microsoft Word yaitu dengan memilih pada kolom Save as Type.

3. Membuka dokumen

Untuk membuka dokumen yang ada, dapat memilih menu File-Open atau tekan tombol toolbar atau tekan shortcut Ctrl+O. Maka akan muncul tampilan :

Pilihlah dokumen yang akan dibuka dan kemudian tekan tombol Open, atau jika daftar tersebut terlalu banyak, maka dapat Anda ketikkan nama file (bisa hanya beberapa huruf depan saja) kemudian pilihlah nama dokumen yang ingin anda gunakan.

Berikut untuk mencari file bilamana anda tidak dapat menemukan file yang anda inginkan atau lupa dimana anda menyimpannya. Pilihlah Tools – Search.

4. Menyimpan dokumen dengan nama baru.

Jika Anda telah menyimpan dokumen dan ingin menyimpannya lagi dengan nama yang lain atau dengan format selain Microsoft Word, dapat dipilih menu File-Save As. Maka akan muncul window yang sama persis dengan window save di atas.

5. Menutup file

Setelah Anda selesai mengetikkan dokumen dan telah disimpan, maka dokumen tersebut dapat Anda tutup dengan memilih menu File-Close atau shortcut CTRL+F4 atau meng-klik simbol silang pada window.

C. Kesimpulan

Microsoft office digunakan untuk mengolah data, contohnya surat-menyurat.

Sekian, semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum Wr. Wb.