Rabu, Desember 27, 2017

Pengenalan Sistem Operasi

Assalamualaikum, Wr.Wb



A. Pendahuluan

1. Pengertian 

Sistem operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dengan sistem komputer sebelum sistem aplikasi terinstal. Sistem operasi adalah perangkat lunak yang pertama ditempatkan di memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software yang lain seperti sistem aplikasi dijalankan setelah sistem operasi berjalan.

Tanpa adanya sistem operasi sebuah perangkat keras tidak bisa jalankan oleh pengguna komputer, karena sistem operasi ini merupakan komponen yang penting dalam sebuah personal computer.

2. Latar Belakang 

Biasanya, istilah sistem operasi sering ditujukan kepada semua perangkat lunak yang masuk dalam satu paket dengan sistem komputer sebelum aplikasi-aplikasi perangkat lunak terinstal. Sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan perangkat lunak aplikasi seperti program-program pengolah kata dan peramban web.

3. Maksud dan Tujuan


Dapat faham mengenai apa itu sistem operasi


B. Tahapan Pelaksanaan

Dengan adanya sistem operasi maka semua perintah yang diberikan oleh pengguna akan segera diproses oleh prosesor. Karena sistem operasi juga bisa dikatakan sebagai penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer.

Bagian umum sistem operasi antara lain:

☆Mekanisme boot
☆Kernel
☆Shell
☆Pustaka-pustaka
☆Driver


Sistem operasi utama yang biasa digunakan komputer umum:

  • Microsoft windows, yang paling banyak dipakai oleh masyarakat di Indonesia.
    Contoh: windows 9x, windows NT, windows 2010, dll.
  • Linux, nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe unix.
    Contoh: linux mint, ubuntu, dll.
  • Sistem Mac OS, yaitu sistem operasi  untuk komputer keluaran Apple yang biasa disebut Mac atau Macinthos. Untuk yang terbaru adalah Mac OS X versi 10.12

Sistem operasi berfungsi:

  1. Sebuah operasi membuat komputer menjadi lebih mudah dan menarik untuk digunakan
  2. Sistem operasi memungkinkan sumber daya komputer digunakan secara efisien.
  3. Sistem operasi memungkinkan menerima perubahan yang efektif dan efisien.

C. Hasil yang didapatkan

Memperluas pengetahuan tentang sistem operasi.
D. Kesimpulan


Dengan penjelasan diatas kita dapat tahu tentang pengertian sistem operasi, jenis-jenis sistem operasi, bagian umum sistem operasi, serta tahu fungsi sistem operasi itu apa. Mohon diluruskan ketika dalam postingan saya ini ada yang kurang benar.


Semoga Bermanfaat
Wassalamualaikum, Wr.Wb