Jumat, Desember 29, 2017

Install Linux Mint versi 18.1

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kali ini saya akan berbagi tentang tahap instalasi Sistem Operasi Linux Mint

A. Pendahuluan

1. Pengertian

Linux mint merupakan sebuah sistem operasi yang handal bagi individu maupun perusahaan. Proyek linux mint yang berfokus untuk membuat pada tampilan dekstop agar lebih bermanfaat dan lebih efisien dalam pengerjaan sehari-hari.

2. Latar Belakang

Karena Sistem operasi linux mint tidak berbayar dan tahan terhadap anti virus

3. Maksud dan tujuan

Tujuan dari Linux Mint adalah untuk menyediakan sistem operasi desktop dimana pengguna pribadi dan perusahaan dapat menggunakanya tanpa biaya, efisien, dan semudah mungkin. Salah satu ambisi dari proyek Linux Mint adalah untuk menjadi sistem operasi terbaik yang memudahkan manusia dalam menggunakan teknologi canggih.

B. Jangka waktu

10-15 menit

Nomor versi dan namakode mengikuti logika yang unik di Linux Mint. Namakode di Linux Mint selalu nama wanita yang berakhir dengan a. Mereka mengikuti urutan abjad dan huruf pertama dari nama kode sesuai dengan indeks nomor versi dalam alfabet. Contoh linux mint 1.0 yang bernama (ada) dan linux mint 18.1 (sarena).

C. Tahap Pelaksanaan

Linux mint merupakan salah satu distro linux yang paling populer saat ini, bahkan semakin hari semakin banyak yang menggunakan Linux mint. Dan ini sangat cocok bagi pengguna baru sistem linux dan cara pengoperasiannya juga sangat mudah karena dengan dilengkapinya perintah grafis yang sangat baik pada lingkungan desktopnya terutama desktop Cinnamon.

Pada kali ini saya akan sedikit menjelaskan langkah-langkah menginstal linux mint versi 18.1

Yang pertama menyiapkan PC dengan sepesifikasi minimal RAM 512 MB (1GB disarankan), ruang penimpanan 9GB (20GB disarankan), dan resolusi layar 1024x768). Jika sebelumnya di PC tersebut pernah di Instal sistem operasi yang lain sebaiknya back up terlebih dahulu data yang penting. Ketika kita akan menggunakan satu sistem operasi secara otomatis data yang pernah ada akan hilang. Dengan itu sebaiknya kita memback up data tersebut.

Setelah itu siapkan flashdisk yang sudah di bootable dengan ISO Linux Mint 18.1

Pasangkan flashdisk pastinya pada port USB

Restart komputer kita

Kemudian nyalakan ulang, dengan menekan tombol untuk masuk ke BIOS (Basic Input Output System). Untuk masuk ke bios menggunakan cara yang berbeda-beda sesuai spek PC masing-masing. Tetapi untuk PC saya kali ini menggunakan tombol ,F2. Tekan sampai keluar pengaturan bios.

 

- Untuk yang pertama kita klik Install Linux Mint, maka akan keluar tampilan seperti berikut kemudian klik continue.

 

- Untuk tahap yang kedua, kita harus memilih bahasa yang akan kita gunakan pada saat menginstal sistem, pada dasarnya bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris.

- Tahap ketiga, kamu akan diberikan pilihan akan menginstal perangkat lunak tambahan atau tidak, ketika tidak maka tidak terhubung dengan koneksi maka masalah.

- Keempat, memilih tipe instalasi diharapkan bisa didampangi dengan orang yang sudah benar-benar paham.

- Tahap keempat, adalah pembagian partisi, tahap ini adalah tahap yang riskan pada semua jenis sistem instalasi sistem operasi. Jika sudah klik install now.

- Tahap kelima, memilih alokasi dimana kita berada.


- Tahap keenam, menentukan jenis keyboard yang akan digunakan, sebaiknya dibiarkan saja dengan menggunakan keyboard standard.

- Tahap ketujuh, kita disuguhkan dengan pengisian tentang user dan password. sebaiknya password jangan diabaikan karena itu akan dibutuhkan ketika kita mengakses seuatu yang dimintai password PC.

- Dan tahap yang terakhir, adalah menunggu proses instalasi. Jika sudah selesai restart komputer, dan cabutlah flashdisk ketika komputer melakukan proses booting.

D. Hasil yang didapatkan

Dapat memahami dari tahap ke tahap proses instalasi.

E. Temuan Permasalahan

Belum paham pembagian partisi

F. Referensi

Dibantu teman

Dengan sedikit penjelasan diatas tentang apa itu linux mint, apa saja yang disiapkan sebelum penginstalan, dan ada penjelasan tahap-tahap penginstalan semoga dapat membantu teman-teman dalam.

Wassalaikumsalam Wr. Wb.^-^